pengunjung ke:

austin ecommerce

Minggu, 12 Agustus 2007

Asal Usul



Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, lahir di desa Cikuya Kecamatan Cicalengka, di dirikan oleh almarhum abah S. Andadinata. Dari beliaulah lahir beberapa aliran olah seni pernapasan (breathing technique martial arts) yang sudah terkenal di Indonesia.
Apapun aliranya maupun nama perguruanya, jika menampilkan sosok nama eyang Anda, mama Anda atau eyang Andadinata atau juga mama Andadinata. Dipastikan memiliki route yang berasal dari Cikuya Cicalengka. Ciri spesifik keilmuan tenaga dalam yang memiliki 10 Jurus utama, dan jurus Payung Rasul, bisa dipastikan berakar dari keilmuan Margaluyu Pusat yang diwariskan dari abah Andadinata.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.......
Salam,perkenalkan saya pemuda suku sasak lombok,saya ingin tahu lebih jauh tentang margaluyu,smoga jodoh...,jurus payung rasul itu seperti apa ,bagaimana??? mohon petunjuk....

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.......
Salam,perkenalkan saya pemuda suku sasak lombok,saya ingin tahu lebih jauh tentang margaluyu,smoga jodoh...,jurus payung rasul itu seperti apa ,bagaimana??? mohon petunjuk....

Unknown mengatakan...

Salam.....
saya juga pernah mendengar jurus payung rasul dari perguruan lain apakah sama? hubungannya apa??? lo ga salah perguruannya tunjung teratai..........

Matahari mengatakan...

Saya sangat berterimakasih kepada Anda yg menulis asal-usul dan perihal Abah S.Andadinata sehingga saya tahu siapa beliau sesungguhnya. Patutlah beliau begitu dikenal karena memang beliau adalah sosok yang hebat seperti itu. Di lingkungan kami dulu, Bapak S.Andadinata sekeluarga sangat dikenal dan disegani kendati beliau sudah tiada. Tapi masa itu sudah berlalu lama ketika saya masih kecil.Saya pun tak pernah mengetahui sosok orangnya karena ketika saya tinggal di sekitar situ, Abah Anda sudah tidak ada, yang ada adalah namanya yang terkenal yang membawa nama Cikuya begitu disegani. Saya tidak tahu persis apa yg menyebabkan beliau begitu terkenal dan disegani meskipun salah satu cucunya adalah sahabat kental saya ketika di sekolah dasar, Yanto alias Yayan.
Saya tahu persis keadaan rumah peninggalan Bapak Andadinata saat ini. Sudah tak lagi dimiliki anak keturunannya, sudah terjual semenjak Ibu Anda meninggal. Rumah itu bertulisan permanen "CINTA ASIH". Konon, pembelinya tak sanggup menempati rumah itu karena ada sesuatu yang sulit dijelaskan. Entahlah, mungkin itu cuma cerita burung. Yang jelas rumah itu kini sudah sangat rusak dan kosong. Tetapi mesjid yang menempel dibagian belakang rumah itu sampai saat ini masih hidup dan berkembang. Mesjid itu dulunya diwakafkan dari Ibu Andadinata yang dimasyarakat sekitar lebih dikenal Ibu Anda atau Ibu saja.
Saya tertarik untuk menuliskan ulang tentang siapa Bapak S.Andadinata ini dalam bahasa Sunda supaya sosok ini tetap dikenang dan dikenal oleh generasi sekarang, setidaknya generasi sekarang di sekitar Cikuya - Cicalengka.

Apakah diizinkan ?

Fix-komp mengatakan...

salam silat..
saya dari .saudara SHT.smoga sja semuaya ttp cnt damai..