pengunjung ke:

austin ecommerce

Kamis, 16 Agustus 2007

USIKAN

Usikan adalah salah satu tehnik dalam maenpo (silat) Jawa Barat yang bersala dari kata usik atau diterjemahkan secara bebas berarti mengusik = menganggu. Dalam prakteknya usikan ini adalah usaha aplikasi dari jurus2 yang sudah dipelajari dalam pertarungan yang nyata, jadi usikan ini bisa disamakan dengan sparring atau kumite dalam bela diri lain. Bedanya dalam usikan sparr-nya tidak mengutamakan hantaman keras (biasanya hanya usaha salaing menjatuhakan dan mengunci tanpa memukul atau tendangan), ini dikarenakan adanya falsafah “Can bisa disebut tukang Maen Po , lamun masih keneh ngarubuhkeun lawan kujalan binasa atawa kujalan peupeunhan” artinya kurang lebih “seseorang belum bisa disebut ahli Maen Po, kalau dalam merobohkan lawan masih menggunakan kekerasan” jadi yang dicari adalah latihan melumpuhkan lawan tanpa kekerasan.


Dalam usikan ada tiga metode yang digunakan
  1. Murid usik guru, nantinya guru akan melumpuhkan murid dengan tehnik2 yang berasal dari jurus yang sudah diajarkan.
  2. Guru usik murid, murid mengaplikasikan ajaran guru dgn cara mencoba melumpuhkan ajaran guru.
  3. guru dan Murid saling mengusik, mencoba saling melumpuhkan

Usikan hanya dengan 10 Jurus Halusan;

Umumnya kita menggunakan 10 jurus halusan hanya untuk melatih olah napas dan membnagkitkan kemampuan metafisik. Padahal kalau kita cermati dan pahami seluruh jurus halusan tersebut berasal dari tehnik2 maenpo bahkan termasuk intisari maenpo. Ini artinya jurus tersebut dapat digunakan dalam pertarungan fisik, yang terpenting kita paham aplikasi masing2 jurus dalam perkelahian sesungguhnya.

Pengalaman pribadi saya sendiri ketika mendemokan usikan dengan 10 jurus halusan baik ke internal Margaluyu maupun pihak luar, mereka yang menonton selalu berkomentar “Mirip seperti Aikido yah??” atau “Kok kayak Taichi sih?” . Sedangkan bagi mereka yang dijatuhkan lansung dengan jurus ini berkomentar “Renaga saya seperti hilang tersedot dan tahu2 saya sudah dijatuhkan/dilemparkan.” Ini membuktikan bahwa 10 jurus halusan sangat effektif untuk dipergunakan dalam perkelahian fisik.

Usikan terhebat yang saya pernah lihat adalah usikan yang dilakukan oleh Pa Idit Junaidi (Pelatih Pusat Margaluyu). Beliau ketika mencoba usikan ke salah satu murid yang berbadan besar, beliau mampu melempar murid tersebut tanpa gerakan sedikitpun. Ketika dicengkram tubuhnya diam saja, tahu2 yang cengkram terlempar. Menurut pengakuan Pa Idit itu adalah usikan fisik, benar2 permainan fisik bukan karena TD margaluyu.

Saksi2 yang melihat kejadian tsb adalah;

  1. Saya
  2. Bambang Sarkoro
  3. Awi (Putra Pa Bambang)
  4. Ki sawung.
  5. M. Iqbal
  6. Efdinal
  7. Darma Putra
  8. Budi

Tujuan usikan adalah sebagai berikut;

Tahap 1
Menyatukan jurus dgn fisik

Tahap 2
Menyatukan jurus dgn pikiran (kreatif jurus)

Tahap 3
Menyatukan jurus dengan hati (gerak reflek)

Tahap 4
Menyatukan jurus dengan roh (lengit/hilang)

salam
Rama wijaya


Senin, 13 Agustus 2007

Abah Andadinata

S. Andadinata pencipta jurus Payung Rasul


S. Andadinata yang memiliki darah menak Sumedang dan lebih suka menjalani kehidupan pribadinya secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

Andadinata dilahirkan dIi didesa Rancabayawak yang berada di wilayah Majalaya sekitar 30KM tenggara kota Bandung, pada tahun sekitar 1893. Tidak diketahui tepat tanggal dan bulan kelahirnya.

Semasa hidupnya, sebagian besar dilalui melalui petualangan ke seluruh antero Jawa Barat utamanya wilayah Parahiangan. Sebagai petualang sudah barang tentu harus membekali diri dengan kemampuan beladiri yang mumpuni agar dapat survive.

Keahlian ilmu ilmu hikmah dari para ulama, utamanya yaitu dari mama ajengan Syeh Haji Abdul Kahpi seorang ulama di wilayah Petaruman Tarogong Garut. Ilmu Hikmah yang didapat diantara lain adalah ilmu Haqmaliyah. Sampai saat ini ilmu Haqmaliyah masih eksis dilaksanakan oleh anak keturunanya.

Ilmu pencak silat pertama yang dikuasai oleh abah Andadinata adalah Silat jurus Peksi Muih sebagai warisan dari keluarganya. Yang kelak dikemudian hari inti dari tata gerak jurus peksi muih menjadi jurus Payung Rasul. Sampai saat ini jurus silat Peksi Muih masih eksis dan boleh dipelajari oleh warga penghayat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat. Semua senior Marga Pusat dipastikan tahu jurus silat peksi muih. Penyederhanaan tata gerak jurus silat peksi muih dengan melakukan kompilasi inti tata geraknya dipadukan dengan ilmu hikmah yang ber lafads Allah Muhammad Adam Rasul, Berkah Allah Sahabat Rasul, maka terciptalah jurus Payung Rasul.

Pada masa itu ilmu pencak silat yang jurus-jurusnya bermuatan / menyatu dengan ilmu hikmah masih belum banyak di kenal masyarakat.

Untuk meyakinkan bahwa jurus Payung Rasul benar benar ampuh. Maka disetiap ada tabeuh gendang pencak, abah Andadinata selalu tampil untuk kaul meramaikan perhelatan hajat dengan seizin mereka yang melaksanakan hajatan. Seringkali jurus peksi muih atau jurus payung rasul terlihat aneh dimata pemirsa sehingga menimbulkan rasa penasaran pemirsa untuk mencoba sambung rasa dengan abah Andadinata. Dalam kenyataanya setiap terjadi sambung rasa, rata rata mereka dapat dijatuhkan dalam satu gerakan,

Ilmu hikmah yang didapat oleh abah Andadinata awalnya bermula dari seringnya beliau hadir dalam pengajian ta’lim di tempat Ajengan Asep Samsuddin. Sewaktu abah Andadinata berpetualang di wilayah kota Cirebon sebagai pedagang telur. Layaknya seorang pedagang selalu mencari tempat yang ramai. Satu diantaranya adalah jika disuatu tempat dilaksanakan hajatan atau majelis ta’lim.

Ketertarikan Ajengan Asep Samsudin terhadap sosok Andadinata, karena setiap ta’lim dilaksanakan beliau selalu hadir dan membiarkan lang daganganya tidak di tunggu. Dan ketika ta’lim selesai dagangan abah Andadinata selalu laris dibeli oleh peserta majelis ta’lim.

Sebagai ulama dan ajengan, Mama ajengan Asep Samsudin sudah melihat bahwa pedagang telur ini memiliki kharomah yang spesifik. Dan akhirnya abah Andadinata diangkat sebagai murid untuk melestarikan ilmu ilmu hikmah ajengan Asep Samsudin.

Perkembangan pencak silat semakin berkembang, meski pencak silat masih terbatas diajarkan kepada keluarga ningrat dan kalangan ulama. Maka atas saran mama Ajengan Asep Samsudin, diperintahkan Andadinata untuk melanjutkan pembelajaran melengkapi ilmu pencak silat di ke wilayah Parahiangan barat tepat nya di wilayah Kadipaten Cianjur. Berbekal referensi dari mama ajengan Asep Samsudin, abah Andainata datang ke Padepokan silat juragan Rd Haji Ibrahim. Yang dikenal sebagai pendiri dan pencetus Maenpo Cikalong.

Tidak jelas apakah abah Andadinata dilatih langsung oleh juragan Rd Haji Ibrahim yang pada tahun 1900an sudah sepuh, atau dilatih oleh seseorang pelatih yang di tugaskan. Yang jelas dari 10 jurus halusan Margaluyu Pusat sangat kental dengan pengaruh maenpo Cikalong. yang berbasis pada silat Madi, Kari dan silat asli Cianjur.

Tokoh Maenpo Cikalong yang usianya relatip lebih muda dari juragan Rd Haji Ibrahim adalah juragan Rd Haji Abullah yang mewarisi ilmu pencak silat Sabandar. Sedangkan Silat Sabandar berasal dari Moh Kosim yang konon berasal dari Pagaruyung Minangkabau Sumatera Barat.

Dari juragan Rd Haji Abdullah, abah Andadinata mewarisi ilmu pencak silat Sabandar yang tata geraknya sangat halus dan lembut.

Pengaruh silat Bugis dan Madura dalam keilmuan Margaluyu didapat sewaktu abah Andadinata berpetualang dipesisir pantai utara Cirebon, dimana para keturunan prajurit bugis dan madura yang bergabung dengan Dipati Anom (Amangkurat Amral) yang menyingkir ke Cirebon untuk meminta suaka dari Sultan Cirebon ketika Dipati Anom berseteru dengan ayahnya sendiri Raja Mataram sinuwun ndalem Gusti Amangkurat I

Kompilasi tata gerak Madi, Kari dan Sabandar inilah yang dikemudian hari menjadi 10 jurus wajib Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat ditambah ilmu Hikmah yang diharkatkan setelah selesai berlatih.

Mengingat tata gerak 10 jurus Margaluyu Pusat boleh dikatakan sangat sederhana, jurus-jurus tersebut tidak bisa diperagakan dipanggung sewaktu ada tabeuh gendang pencak. Oleh karena itu atas saran para kerabat Gerak Badan Margaluyu Pusat harus memiliki jurus silat murni yang benar benar merupakan maenpo. Dengan demikian Margaluyu Pusat dilengkapi dengan Maenpo yang berasal dari Selah Eurih warisan dari Keluarga juragan Rd Haji Sukarma dan juragan Rd Haji Soma.

Oleh karena itu dalam setiap proses harkatan, ketiga tokoh Rd Haji Ibrahim, Rd Haji Abdullah dan Rd Haji Soma yang kesemuanya adalah kerabat Cikalong Cianjur selalu disebut untuk dimohon keikhlasanya serta mohon kepada Allah SWT agar manfaat ilmu warisanya menjadi ibadahnya.

Keilmuan Margaluyu,boleh dikatakan lengkap, karena berintikan ilmu hikmah Sunda wiwitan yang ditulis tangan oleh abah Andadinata dalam aksara Sunda Wiwitan yang serupa dengan tulisan pada relief prasasti2 di pulau Jawa, serta aksara Hanacaraka. Secara otentik buku ini masih ada dalam bentuk aseli dan telah diperbanyak melalui scanning komputer untuk dipegang oleh semua pelatih yang sudah mendapat mandat untuk melakukan Harkatan.

Pengaruh silat Cina (Khun Tao) dalam keilmuan Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat diperoleh abah Andadinata sewaktu beliau berpetualang di Cirebon. Dimana silat Cina masuk ke Pulau Jawa dibawa mbah Khaer.

Adapun pengaruh silat minang diperoleh dari Mama Sabandar (Moh Kosim). Sedangkan pengaruh silat Betawi pada keilmuan Margaluyu Pusat karena hasil berguru Maenpo di Cikalong. Dimana Abang Madi dan Abang Kari adalah guru dari juragan Rd Haji Ibrahim.

Hal tersebut dikuatkan tokoh Mbah Madi, Mbah Kari dan mbah Sabandar dan mbah Khaer selalu disebut dalam setiap proses Harkatan sebagai ucapan terma kasih atas manfaat ilmunya dan memohon agar amal ilmu yang diwariskan dari beliau ini mendapat imbalan yang tinggi dari Allah SWT.

Kelengkapan keilmuan Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat secara sempurna dikuasai oleh abah Andadinata ketika umur beliau mencapai sekitar 35 tahun. Tetapi profesi sebagai pedagang telur keliling tak pernah dilepaskan. Dan kebiasaan naik panggung ketika ada perhelatan tabeuh gendang pencak untuk kaul kepada yang punya hajat selalu dilakukan sebagai promosi makanan sehat yakni telur yang diperdagangkan.

Karena seringnya terjadi sambung rasa, dan dalam setiap sambung rasa abah Andadinata selalu unggul, maka beliau menjadi terkenal sebagai juara kaul yang disegani.

Ketenaran abah Andadinata sebagai juara kaul yang tidak punya perguruan, sempat terdengar oleh seorang guru besar perguruan silat yang terkenal di kota Bandung yaitu mang Suwandi yang bertempat tinggal di Gang Singsong tepatnya disekitar station KA Bandung. Tidaklah sulit mencari sosok Andadinata bagi mang Suwandi.

Pertemuan antara mang Suwandi dengan Abah Andadinata untuk sambung rasa merupakan peristiwa penting sebagai tonggak sejarah berdirinya Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat.

Baru pertama kali abah Andadinata bersambung rasa dengan tokoh silat yang berlevel guru besar. Bagi mang Suwandi juga baru pertama kali bertemu pendekar tanpa paguron yang selalu bisa mengunci geraknya dengan halus tanpa melukai apalagi mencederai. Sebagai ksatria Pendekar, Mang Suwandi menyatakan bahwa keilmuan Margaluyu Pusat adalah ilmu silat yang lengkap ditambah ilmu hikmah yang benar2 murni tanpa menggunakan tenaga khodam. Dan beliau memohon kepada abah Andadinata untuk sudi menerima dirinya sebagai murid.

Permohonan mang Suwandi ditolak oleh abah Andadinata, tetapi menerimanya sebagai sahabat. Maka mulai saat itu, dinyatakan bahwa dalam pakem keilmuan Margaluyu tidak dikenal istilah guru, apalagi gelar guru besar. Yang dikenal adalah sahabat (ikhwan / ahwat) yang sedang berlatih.

Sumbangan yang terbesar dari Mang Suwandi dalam keilmuan Margaluyu Pusat adalah jurus kasaran yang lebih dikenal dengan jurus 14 dan jurus-jurus peupeuhan. Dengan demikian semakin lengkaplah jurus jurus Kelimuan Margaluyu Pusat yang merupakan jurus jurus yang memiliki kharomah.

Dengan masuknya mang Suwandi ke dalam Margaluyu Pusat kemudian beliau membawa sahabat-sahabatnya untuk berlatih diantaranya adalah Mang Uwen serta pak Adiwikarta (Mng Ulis) dan Andi Rohandi. Maka disepakati yang semula keilmuan Margaluyu belum memiliki nama paguron maka dengan bergabungnya para senior diatas, secara resmi diberi nama Margaluyu Pusat.

Marga adalah jalan, Luyu = Saluyu atau lancar, Pusat berarti selalu ditengah. Jadi secara harfiah Margaluyu Pusat diartikan sebagai Selalu berjalan ditengah agar selalu lancar.

Meski jurus-jurus Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat berbasis pada gerak pencak silat. Tetapi sesungguhnya adalah ilmu beladiri pernapasan, yang berkharomah tenaga dalam. Yang mana seni beladiri pernapasan saat itu pada akhir decade 1930an belum banyak dikenal oleh masyarakat. Sehingga sulit di perkenalkan atau disosialisasikan. Baru pada tahun 1948 didaftarkan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bandung sebagai Persatuan Pencak Silat Margaluyu Pusat.
Sampai akhir hayatnya Abah Andadinata bermukim didesa Cikuya kecamatan Cicalengka. Beliau wafat pada petang hari tanggal 29 Jnuari 1969 dan di makamkan ditempat yang sama pada tanggal30 Januari 1969 di desa Cikuya.

Minggu, 12 Agustus 2007

Asal Usul



Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, lahir di desa Cikuya Kecamatan Cicalengka, di dirikan oleh almarhum abah S. Andadinata. Dari beliaulah lahir beberapa aliran olah seni pernapasan (breathing technique martial arts) yang sudah terkenal di Indonesia.
Apapun aliranya maupun nama perguruanya, jika menampilkan sosok nama eyang Anda, mama Anda atau eyang Andadinata atau juga mama Andadinata. Dipastikan memiliki route yang berasal dari Cikuya Cicalengka. Ciri spesifik keilmuan tenaga dalam yang memiliki 10 Jurus utama, dan jurus Payung Rasul, bisa dipastikan berakar dari keilmuan Margaluyu Pusat yang diwariskan dari abah Andadinata.